Rabu, 08 Desember 2010

Kerajaan Yamato

Kerajaan Yamato adalah kerajaan yang berdiri pada zaman Yamato (Yamato Jidai). Namun terkadang zaman Yamato disebut pula zaman Asuka atau zaman Kofun. Hal ini disebabkan karena pada buku sejarah tempo dulu, zaman Kofun dan zaman Asuka pernah disatukan menjadi zaman Yamato, tapi dalam buku sejarah modern kedua zaman ini dianggap sebagai dua zaman yang terpisah.

Periode Kerajaan Yamato atau zaman Yamato dimulai sekitar abad ke-4 sampai abad ke-6.

Zaman Yamato berada di tengah-tengah zaman Yayoi dan zaman Nara. Zaman ini ditandai dukungan terhadap tahta Yamato yang semakin kuat dan pembangunan Kofun yang berkelanjutan di berbagai tempat.

Yang menonjol untuk menandai zaman ini adalah diperkenalkannya sistem politik berdasarkan sistem hukum Ritsuryō, istana kaisar memperbarui sistem nama klan dan nama keluarga, memberlakukan sistem pajak terpadu, dan tanah milik bangsawan semuanya diklaim sebagai milik kaisar, dan memperbarui organisasi pemerintahan daerah ke arah pemerintah sentralisasi.

Pada masa ini pula agama Buddha diperkenalkan.

Berikut adalah peninggalan dari zaman Yamato yang masih dapat di temukan dibeberapa perfektur Jepang.

1. Kofun adalah makam kaisar atau bangsawan dengan tanah yang dibuat membukit yang menempati lokasi yang berbentuk perpaduan lingkaran dan persegi empat seperti lubang kunci.

2. Houryouji adalah kuil Buddha yang berlokasi di Nara, yang dibuat pada akhir periode Yamato atau Asuka abad 8.

3. Haniwa adalah patung tanah liat yang dibuat untuk diikut sertakan dalam kubur para bangsawan atau kaisar.

1 komentar:

  1. Haha...masih tertanam dalam ingatanku, saat2 dmn qta 1 kelompok dalam mata kuliah ini, hingga saat qta persentase ^_^

    Tp yg z lupa, matkul apa ini ? dan siapa dosennya ? Hmmm...

    BalasHapus